Tebar Faedah Kurban

Tebar Faedah Kurban Dompet Ummat 2017

Sejak tahun 2006 Dompet Ummat memulai program Tebar Faedah Kurban terus berkomitmen menyampaikan dan menebar kurban hingga kedaerah pelosok. Tebar Faedah Kurban memiliki tujuan agar daging kurban tidak menumpuk di perkotaan dan tersebar merata di seluruh daerah.

Dengan luas mencapai 146.807 km2 dan terdiri dari 12 kabupaten dan 2 kota maka untuk menebar hewan kurban hingga ke pelosok daerah merupakan sebuah tantangan tersendiri maka dari itu tidak heran jika masih ada desa atau kampung yang belum pernah melaksanakan prosesi pemotongan kurban.

Seperti yang tergambar pada foto diatas untuk mencapai lokasi pemotongan di desa Pelapis yang berada di kepulauan Maya Karimata maka sapi harus dibawa dari kampung terdekat menggunakan perahu.

Tahun ini salah satu daerah yang direncanakan akan menerima program Tebar Faedah Kurban adalah desa Kelingkau Kecamata Tebas Kabupaten Sambas. Dari total kurang lebih 101 KK yang tinggal di desa Kelingkau sebagian besarnya adalah muallaf, menurut informasi dari pemuka agama setempat didesa Kelingkau ini belum pernah ada penyembelihan hewan kurban karena masyarakatnya merupakan warga kurang mampu.

Untuk menuju kedesa Kelingkau dibutuhkan waktu 2 jam jika cuaca cerah, namun bisa menjadi dua kali lipat jika cuaca hujan karena jalan yang dilalui masih tanah. Tidak hanya infrastruktur transportasi yang belum memadai bahkan listrik pun belum sampai kedesa ini maka jika malam menjelang warga hanya mengandalkan pelita sebagai penerangan.

Desa Kelingkau adalah salah satu gambaran desa yang direncanakan akan menerima hewan kurban pada tahun 2017 ini. Mari bersama Dompet Ummat menebar kurban hingga ke pelosok daerah.