Uncategorized

KOLABORASI BANTUAN BENCANA BANJIR KALIMANTAN BARAT

Dompet Ummat bersama lembaga zakat yang tergabung dalam Forum Zakat Kalimantan Barat (FOZ Kalbar) @lazismukalbar @almumtazpeduli @rumahzakatkalbar @bmhkalbar dan @baznaspontianak, beserta Damkar Suwignyo @damkar_suwignyo menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Sintang, di kantor camat Kabupaten Sintang, kemarin.

Sebanyak 152 paket bantuan yang berisi 5 kilogram beras dan 10 bungkus mie instant per paket didistribusikan kepada 152 kepala keluarga yang terbagi di desa Baning Kota, Kelurahan Ladang, Kelurahan Kapuas Kiri Hilir, Kelurahan Alay, dan Ulak Jaya.

Bantuan tersebar di wilayah yang masih terendam banjir maupun yang sudah surut, namun warga belum dapat banyak beraktifitas karena masih harus membersihkan area rumah maupun lingkungan sekitar pasca banjir melanda.

“Saya selaku camat Sintang mengucapkan terimakasih kepada para donatur yang tergabung dalam Forum Zakat Kalimantan Barat, semoga bantuan yang diberikan ke masyarakat Sintang dapat bermanfaat dan membantu mereka yang menjadi korban banjir.” Ungkap Dra. Siti Musrikah, Msi. Selaku Camat Kabupaten Sintang.

Sahabat Baik, mari kita langitkan do’a semoga musibah yang melanda saudara kita segera berakhir, Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Transfer Donasi an. Dompet Ummat
BNI Syariah 023.5359.406
(Tambahkan kode unik 014 di belakang nominal transfer. Contoh Rp. 100.014,-)

Konfirmasi Transfer & Informasi
0851 0091 8676

Dompet Ummat, Jl. Karimata No. 2A

www.dompetummat.or.id

Read More →

Uncategorized

KORBAN BANJIR BUTUH BANTUAN

PONTIANAK – Kalimantan Barat tidak hanya sedang menghadapi Covid-19. Tapi juga berduka oleh banjir yang menimpa beberapa kabupaten di Kalimantan Barat.

Korban banjir paling parah terjadi di Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi yang tingginya mencapai 2,5 meter. Banyak rumah yang terendam banjir hingga menyisakan atap di permukaan.

Akses darat terputus. Begitupun aktivitas ekonomi yang juga lumpuh total. Jaringan listrik dan sinyal juga terputus. Ribuan warga mengungsi akibat banjir ini. Bantuan bahan kebutuhan pokok untuk mengisi dapur-dapur umum untuk pengungsi masih diperlukan. Juga kebutuhan pokok untuk warga yang terdampak banjir dan kesulitan mengakses bantuan karena mengungsi di daerah terpencil.

Selain itu, obat-obatan untuk penyakit diare, batuk-batuk, dan penyakit kulit juga diperlukan oleh pengungsi. Serta alat-alat kesehatan guna menunjang penerapan protokol kesehatan guna mengantisipasi Covid-19 di pengungsian, seperti masker dan hand sanitizer.

Terputusnya akses darat dan kesediaan alat angkut yang terbatas juga menjadi kendala. Oleh karenanya, perlu biaya untuk menyewa perahu dari warga agar bantuan bisa menjangkau korban banjir yang jauh dari titik-titik pengungsian utama.

Guna menjaring kepedulian terhadap korban banjir di Melawi, Sintang dan Kapuas Hulu, Dompet Ummat, Dompet Dhuafa dan Pontianak Post bekerjasama memfasilitasi penyaluran bantuan.

Direktur Eksekutif Dompet Ummat, Yusuf mengatakan, bantuan fisik seperti kebutuhan pokok, pakaian, obat-obatan, dan perlengkapan bayi dapat dikirim langsung ke kantor Dompet Ummat di Jalan Karimata No 2A. Bisa juga transfer ke rekening Dompet Ummat di Nomor Rekening Bank Mandiri 146.000.496.614.4 (a.n. Dompet Ummat). Untuk informasi dan konfirmasi pengiriman bantuan, bisa menghubungi narahubung di 0851-0091-8676. (ris)

Sumber : Pontianak Post

Read More →

Uncategorized

BANTUAN KESEHATAN UNTUK AMIRUL, BAYI MUNGIL PENDERITA STEP

Berawal dari demam dan mengalami kejang-kejang, Amirul Fadli, bayi berusia empat bulan pasangan Hendri dan Sumiati asal kabupaten Ketapang ini harus dilarikan ke rumah sakit, selama kurang lebih satu minggu Amirul harus mendapat penanganan medis di rumah sakit daerah Ketapang karena ia didiagnosa menderita penyakit step.

Namun, karena peralatan medis yang kurang memadai, akhirnya Amirul dirujuk ke RSUD Soedarso Kota Pontianak untuk menjalani perawatan lebih lanjut.

Amirul kecil harus menjalani operasi karena terdapat infeksi pada bagian kepala, terdapat lendir yang harus diangkat dari kepala Amirul.

Sudah dua bulan ia dirawat di rumah sakit tersebut hingga detik ini, telah tercurah segala do’a dan ikhtiar dari kedua orangtua Amirul, berharap sang anak segera sembuh dari penyakitnya.

Untuk menghidupi keluarganya pak Hendri bekerja serabutan di daerah Ketapang, kadang bekerja sebagai supir untuk mengantar orang-orang yang membutuhkan jasanya.

Dengan penghasilan kerja yang tak menentu bukanlah hal mudah bagi sang ayah dan ibu membiayai pengobatan Amirul sekaligus memperjuangkan kesejahteraan untuk kedua anaknya dengan biaya terbatas.

Ditambah lagi semenjak Amirul dirawat di Pontianak, pak Hendri sudah tak lagi bekerja. Beruntung biaya perawatan Amirul dicover oleh BPJS, namun pak Hendri kesulitan untuk memenuhi biaya makan sehari-hari dan menebus obat anaknya, karena memang kondisi ekonomi yang sulit menjadi kendala utama keluarga pak Hendri.

Alhamdulillah pada hari ini, Rabu (9/9/2020) Tim Dompet Ummat berkesempatan memberikan bantuan kepada keluarga pak Hendri untuk membantu biaya kebutuhan sehari-hari selama berada di rumah sakit.

Terimakasih kepada para donatur yang telah menyalurkan donasinya melalui Dompet Ummat. Semoga apa yang telah diberikan menjadi amal jariyah dan mendapat pahala di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Sahabat Baik, Amirul membutuhkan kebaikan kita semua, bantu dia berjuang untuk sembuh !

Transfer Rekening
BCA 029.147.49.33
BSM 700.418.790.8
An. Dompet Ummat

Konfirmasi Transfer
0851 0091 8676

www.dompetummat.or.id

Read More →

Uncategorized

TAK LAGI LELAH BERJALAN KAKI MENUJU SEKOLAH

“Ini sepedanya sudah lama rusak, jadi tiap hari Denis sama adiknya jalan kaki ke sekolah, saya kasihan kalo anak-anak pulang sekolah pada kecapean, mau service sepeda tapi tidak punya uang” Ungkap Jumiati (40 tahun), ibunda Denis sambil menunjuk sepeda yang telah rusak.

Sehari-hari Denis bersama Desta adik kembarnya harus mengayuh sepeda untuk bisa sampai ke sekolah guna menimba ilmu, namun sayang karena suatu hal membuat sepeda Denis rusak dan tak lagi dapat digunakan.

Denis yang memiliki semangat sekolah tinggi rela pergi dan pulang sekolah hanya dengan berjalan kaki, ia dan adiknya harus menempuh perjarak yang cukup jauh, jika ibunya memiliki uang lebih Denis beruntung bisa menaiki angkutan umum, namun itupun sangat jarang.

“Kalo saya punya uang, bisa ngasi Denis untuk naik oplet sama adiknya, tapi kalo tidak ada Denis sama adiknya jalan kaki.” Tutur ibu Jumiati.

“Sekolah Denis kan jauh, kadang kalo pulang sekolah itu langsung tidur, tidak sempat makan, dia kecapean jalan kaki.” Tambahnya.

Semenjak ayahnya meninggal, ibunya lah yang kini menggantikan peran sang ayah menjadi tulang punggung keluarga, bekerja sebagai buruh cuci rela dilakoni ibu Jumiati demi bertahan hidup bersama kedua anaknya.

Di rumah kontrakan yang sederhana tempat Denis tinggal bersama ibu dan adiknya, Tim Dompet Ummat memberikan kejutan berupa satu unik sepeda sekolah untuk Denis.

Denis yang merasa senang tak dapat berkata banyak, ia menahan haru. Denis mengucapkan terimakasih dan ia akan menggunakan sepeda yang telah diterimanya itu untuk pergi ke sekolah bersama adiknya.

Sahabat Baik, sepeda sekolah yang Denis terima merupakan wujud kebaikan dari kalian semua, masih banyak anak lainnya yang membutuhkan alat transportasi untuk berangkat sekolah. Hal kecil ini agar para siswa bisa bersekolah tanpa berjalan kaki dan kelelahan.

Transfer Rekening
MANDIRI 146.000.496.614.4
BNI SYARIAH 023.5359.406
An. Dompet Ummat

Konfirmasi Transfer
0851 0091 8676

www.dompetummat.or.id

Read More →

Uncategorized

PAKET SEMBAKO UNTUK JANDA DELAPAN CUCU

Halijah Hamid sudah tak lagi muda. Usia wanita delapan cucu ini menginjak 75 tahun. Sudah bertahun-tahun hidupnya ia habiskan bergumul dengan jenazah. Semenjak sang suami meninggal 15 tahun lalu, dirinya kini harus berjuang lebih keras untuk dapat bertahan hidup ditengah ekonomi yang pas-pasan.

Nek Halijah berprofesi sebagai pemandi jenazah, satu pekerjaan yang mulia dan hampir dilupakan dari benak kita. Memang kerap dianggap remeh, tapi bagi nek Halijah pekerjaan ini merupakan ladang rejeki yang ia syukuri. Ia tak ingin mengeluh soal pekerjaan yang ia jalani.

Baginya, memulasarakan jenazah tak sekadar pekerjaan. Ini sudah menjadi jalan hidup sekaligus caranya beramal. Dua hingga tiga bulan sekali ia memandikan jenazah dengan upah sukarela.

Nek Halijah memiliki empat orang anak, dua dari anaknya telah lebih dulu dipanggil Allah SWT, satu orang sudah hidup terpisah dari nek Halijah karena telah berkeluarga, dan satu lagi masih tinggal serumah bersamanya, ia merupakan ayah dari salah satu cucunya, sang anak yang tinggal serumah dengan nek Halijah berprofesi sebagai buruh bangunan.

Semenjak corona mewabah di negeri ini pekerjaan anaknya sebagai buruh bangunan itu pun turut terkena imbas, ia sudah beberapa bulan tidak bekerja dan jelas saja hal tersebut membuat penghasilan kerja anaknya tak menentu.

Nek Halijah bahkan terpaksa menggadaikan barang sang anak untuk dapat memenuhi biaya makan sehari-hari keluarganya, dan hingga kini barang tersebut belum bisa ditebus.

Beruntung mereka tinggal dilingkungan yang memiliki rasa tolong menolong yang tinggi, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka mendapatkan bantuan dari kerabat maupun tetangga yang memahami sulitnya ekonomi keluarga nek Halijah.

Kedatangan kami saat itu disambut hangat oleh keluarga nek Halijah, bantuan sembako dari para donatur telah tertunaikan untuk diberikan kepada keluarga yang berhak menerima, salah satunya keluarga nek Halijah.

Transfer Rekening
MANDIRI 146.000.496.614.4
BNI SYARIAH 023.5359.406
An. Dompet Ummat

Konfirmasi Transfer
0851 0091 8676

www.dompetummat.or.id

Read More →

Uncategorized

MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM PELATIHAN BARBERSHOP DAN PEMBUATAN KUE

Sejak tanggal 21 dan 22 Juli 2020, Dompet Ummat kembali menelurkan program pemberdayaan baru untuk kalangan ibu-ibu dari keluarga pra sejahtera, yaitu program Pelatihan Pembuatan Kue. Ibu-ibu binaan Dompet Ummat ini telah diberikan bekal berupa skill pembuatan kue yang diajarkan langsung oleh chef berpengalaman.

Tak hanya itu saja, Dompet Ummat juga menghadirkan program Pelatihan BarberShop untuk kalangan pemuda yang belum memiliki pekerjaan namun memiliki kemauan untuk belajar.

Setiap bulannya Nurhayati selaku General manager Social Development and Empowering melakukan aktifitas Monitoring dan Evaluasi (Monev) pada masing-masing program. Pada kesempatan kali ini beliau melakukan monev bersama Direktur Eksekutif Dompet Ummat, Muhammad Yusuf.

Beberapa peserta Pembuatan Kue menuturkan bahwa mereka sudah mulai memproduksi kue untuk kemudian dijual.

Atik salah satunya, selama kurang lebih dua minggu ia sudah menjual 11 box donat dengan harga jual Rp. 25.000,-/box.

“Saye buat donat dan titip ke warung, tapi yang laku sedikit. Sempat down rasenye, ada juga buat cake tapi bantat. Tapi sekarang sudah mulai semangat lagi.” Ungkap Nurlaila, peserta perdana yang membuat kue dan berjualan.

Peserta lain Emi Sarlita, menuturkan bahwa setelah dirinya mendapatkan bantuan bahan kue dari Dompet Ummat ia mencoba membuat berbagai varian kue seperti brownies panggang, cake tapai, cake karamel, bolen, dan juga bolu gulung.

Dompet Ummat telah menyalurkan bantuan berupa Oven dan bahan-bahan pembuatan kue kepada ibu-ibu binaan.

Dan untuk program Barbershop yang terus berjalan ini kedepannya akan menggelar aksi sosial yaitu potong rambut di pesantren atau panti yang rencananya akan dilakukan satu hingga dua kali setiap bulannya.

Pada evaluasi kali ini mereka diajarkan cara menghitung modal dan keuntungan. Setelah itu peserta harus membuat catatan keuangan sederhana agar bisa terpantau berapa modal yang dikeluarkan dan berapa keuntungan yang didapat.

www.dompetummat.or.id

Read More →

Uncategorized

MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM PELATIHAN AC DAN TATA RIAS PENGANTIN

Dompet Ummat memiliki beberapa program pemberdayaan masyarakat yang telah berjalan selama sembilan bulan, yaitu program Pelatihan AC dan Tata Rias Pengantin.

Setiap bulannya General Manager Social Development and Empowering, Nurhayati melakukan Monitoring dan Evaluasi program. Tak hanya beliau saja, Muhammad Yusuf selaku Direktur Eksekutif Dompet Ummat sesekali juga melakukan monev serta memberikan motivasi kepada para binaan.

Hal ini bertujuan untuk meninjau sejauh mana pencapaian program hingga evaluasi tindaklanjut yang harus dilakukan peserta kedepannya.

Alhamdulillah para binaan Dompet Ummat memiliki progress yang sangat baik, Dwi Purnomo misalnya, penerima manfaat program Pelatihan AC ini mengatakan bahwa dirinya selama bulan Agustus lalu memperoleh job sebanyak 27 kali.

Begitupun dengan penerima manfaat program Tata Rias Pengantin yang juga sudah mulai memperoleh job merias untuk berbagai acara.

Bagi sahabat yang membutuhkan jasa mereka silahkan hubungi mimin ya di nomor 0851 0091 8676 atau kamu bisa geser slide di atas sampai akhir untuk tau kontak mereka ! 😃

www.dompetummat.or.id

Read More →

Uncategorized

PENYALURAN BANTUAN BENCANA KEBAKARAN DI GANG PUYUH SATU

Pada Sabtu (29/8/2020), Tim Tanggap Darurat Ummat (TANDU) Dompet Ummat menyalurkan bantuan berupa sembako dan pakaian layak pakai untuk korban kebakaran.

Pak Heriansyah adalah salah satu korban kebakaran di Jl. Merdeka Gg. Puyuh 1. Kebakaran yang terjadi pada Jum’at (28/8) sekitar pukul 18.00 WIB itu menghanguskan rumah beserta seluruh isinya.

Tak ada satupun barang yang bisa terselamatkan. Hanya pakaian yang dikenakan yang menjadi sisa barang berharga keluarganya kala itu.

Semoga Allah memberikan kesabaran serta ganti yang lebih baik untuk keluarga pak Heriansyah, Aamiin ya Rabbal’alamiin.

www.dompetummat.or.id

Read More →

Uncategorized

MOTIVASI DAN BRAINSTORMING PESERTA PENERIMA MANFAAT BEASISWA CEMERLANG TAHUN 2020

Sudah lebih dari 17 tahun Dompet Ummat berpartisipasi sekaligus menyelenggarakan program-progam pendidikan. Tujuan utama dari proses pendidikan adalah melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas baik kompetensi maupun perilaku.

Karena itu, untuk mewujudkan tujuan tersebut, Dompet Ummat dalam mengelola program-program pendidikan selalu menempatkan pembinaan karakter menjadi aktivitas utama. Aktivitas pembinaan karakter yang diberikan disesuaikan dengan usia penerima manfaat.

Pemberian motivasi dan brainstorming menjadi hal penting sebelum memulai sebuah pembelajaran atau pelatihan. Hal tersebut bertujuan untuk memunculkan penyelesaian masalah yang kreatif hingga pengembangan ide baru bagi peserta.

Dalam hal ini Dompet Ummat berikhtiar untuk senantiasa memberikan perhatian yang cukup terhadap para siswa penerima manfaat beasiswa cemerlang dengan segala potensi yang dimilikinya. Agar para siswa termotivasi untuk lebih giat dalam menggapai cita-cita.

Muhammad Yusuf selaku Direktur EKsekutif Dompet Ummat menyampaikan kepada para penerima beasiswa bahwa salah satu hal yang menghambat kita untuk maju ialah tidak memiliki tujuan yang jelas untuk digapai, jika kita memiliki tujuan yang jelas kita bisa mengerti apa yang harus kita lakukan.

“Tidak sabar atau terburu-buru dan tidak bersungguh-sungguh dalam mencapai tujuan, kemungkinan membuat kita akan menjadi lemah bahkan gagal, maka dari itu untuk mencapai tujuan salah satunya adalah dengan sabar.” Ungkapnya

Pada kegiatan kali ini siswa diberikan ilmu terkait pengenalan program yang ada di Dompet Ummat serta dunia kerelawanan yang juga penting mereka pelajari untuk dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Semoga program Beasiswa Cemerlang ini dapat menjadi pemantik semangat bagi para penerima manfaat untuk bisa terus mengukir prestasi hingga menjejakkan diri di perguruan tinggi, dan bermanfaat untuk banyak orang, Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

www.dompetummat.or.id

Read More →

Uncategorized

DOMPET UMMAT SALURKAN BANTUAN SEPEDA UNTUK SISWA DHUAFA

Moda transportasi menjadi kebutuhan primer bagi lapisan masyarakat, tak terkecuali bagi dunia pendidikan. Hal tersebut merupakan salah satu sarana bagi siswa untuk kelancaran proses belajar mengajar.

Namun, tidak semua siswa-siswi mempunyai transportasi pribadi untuk bisa sampai ke sekolah, tak jarang diantara mereka harus mencari tumpangan kendaraan agar bisa sampai ke sekolah maupun untuk kembali pulang ke rumah.

Melihat potret ini Dompet Ummat menghadirkan program Sepeda Sekolah untuk Siswa Dhuafa. Program ini dihadirkan sebagai wujud kepedulian terhadap siswa-siswi dhuafa yang memiliki semangat juang untuk bersekolah meskipun harus menempuh perjalanan yang jauh.

Bertempat di Kantor Walikota Pontianak, penyerahan bantuan sepeda ini langsung dilakukan oleh Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono kepada para siswa pada acara peringatan 15 Tahun Bike to Work Kota Pontianak, pada Jum’at pagi (28/8/2020).

Acara ini dihadiri oleh Malaysian Police Liaison Officer (Muhammad Azwan), Direktur Eksekutif Dompet Ummat (Muhammad Yusuf), Ketua Bike To Work Kota Pontianak (Rudi Agus), serta komunitas-komunitas bersepeda yang ada di Pontianak.

Diharapkan dengan pemberian bantuan ini, siswa tersebut semakin semangat bersekolah guna menuntut ilmu sebagai ikhtiar mencerdaskan tunas bangsa.

Terimakasih kepada para donatur yang telah menjadi bagian dari gerakan kebaikan ini, semoga Allah memberikan keberkahan kepada kita semua, Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

www.dompetummat.or.id

Read More →
Last modified: June 24, 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *