Halijah Hamid sudah tak lagi muda. Usia wanita delapan cucu ini menginjak 75 tahun. Sudah bertahun-tahun hidupnya ia habiskan bergumul dengan jenazah. Semenjak sang suami meninggal 15 tahun lalu, dirinya kini harus berjuang lebih keras untuk dapat bertahan hidup ditengah ekonomi yang pas-pasan.

Nek Halijah berprofesi sebagai pemandi jenazah, satu pekerjaan yang mulia dan hampir dilupakan dari benak kita. Memang kerap dianggap remeh, tapi bagi nek Halijah pekerjaan ini merupakan ladang rejeki yang ia syukuri. Ia tak ingin mengeluh soal pekerjaan yang ia jalani.

Baginya, memulasarakan jenazah tak sekadar pekerjaan. Ini sudah menjadi jalan hidup sekaligus caranya beramal. Dua hingga tiga bulan sekali ia memandikan jenazah dengan upah sukarela.

Nek Halijah memiliki empat orang anak, dua dari anaknya telah lebih dulu dipanggil Allah SWT, satu orang sudah hidup terpisah dari nek Halijah karena telah berkeluarga, dan satu lagi masih tinggal serumah bersamanya, ia merupakan ayah dari salah satu cucunya, sang anak yang tinggal serumah dengan nek Halijah berprofesi sebagai buruh bangunan.

Semenjak corona mewabah di negeri ini pekerjaan anaknya sebagai buruh bangunan itu pun turut terkena imbas, ia sudah beberapa bulan tidak bekerja dan jelas saja hal tersebut membuat penghasilan kerja anaknya tak menentu.

Nek Halijah bahkan terpaksa menggadaikan barang sang anak untuk dapat memenuhi biaya makan sehari-hari keluarganya, dan hingga kini barang tersebut belum bisa ditebus.

Beruntung mereka tinggal dilingkungan yang memiliki rasa tolong menolong yang tinggi, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka mendapatkan bantuan dari kerabat maupun tetangga yang memahami sulitnya ekonomi keluarga nek Halijah.

Kedatangan kami saat itu disambut hangat oleh keluarga nek Halijah, bantuan sembako dari para donatur telah tertunaikan untuk diberikan kepada keluarga yang berhak menerima, salah satunya keluarga nek Halijah.

Transfer Rekening
MANDIRI 146.000.496.614.4
BNI SYARIAH 023.5359.406
An. Dompet Ummat

Konfirmasi Transfer
0851 0091 8676

www.dompetummat.or.id

Last modified: September 11, 2020