TERAPI MENGGAMBAR DAN MEWARNAI, ‘TRAUMA HEALING’ UNTUK ANAK-ANAK PASCA KEBAKARAN KAMPUNG BETING

Peristiwa kebakaran yang menghanguskan 11 rumah warga yang terjadi di Kampung Beting (21/3/2019) secara otomatis bisa menimbulkan trauma bagi para korban. Dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anaklah yang lebih rentan terkena trauma pasca terjadinya musibah tersebut.

Pada Senin kemarin Dompet Ummat bekerjasama dengan Psikolog dari Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI) menggelar agenda trauma healing untuk anak-anak yang terdampak kebakaran, agenda ini dilaksanakan tepat di halaman Masjid Sultan Syarif Abdurrahman atau biasa dikenal dengan sebutan Masjid Jami’ Pontianak.

Beralaskan tikar dan beratapkan terpal, sekurangnya terdapat 35 anak mengikuti lomba menggambar. Mereka yang menjadi peserta tidak hanya anak-anak korban kebakaran tetapi juga anak-anak lainnya yang bermukim di Kampung Beting.

Salah satu aktivitas memulihkan trauma pasca musibah kebakaran tersebut adalah dengan terapi seni menggambar dan mewarnai.

Menurut Winda Lestari, Psikolog Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Ikatan Psikolog Klinis Indonesia, yang menjadi salah satu pendamping dalam kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa metode tersebut dipilih sebagai media untuk mengetahui kondisi kejiwaan anak. Apa yang anak-anak tersebut tuangkan di atas kertas akan menggambarkan kondisi psikologis mereka.

Dari hasil penilaian para psikolog, kondisi anak-anak korban kebakaran cenderung sudah kembali pada keadaan normal. Hal itu terlihat dari pemilihan warna yang mereka gunakan rata-rata berwarna cerah. Di samping itu anak-anak juga tampak ceria dan antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Selain ativitas menggambar dan mewarnai, anak-anak juga dihibur dengan bermain dan bernyanyi bersama. Hal ini dilakukan untuk mengatasi dan membantu mengurangi bahkan menghilangkan gangguan psikologis yang sedang dialami anak-anak akibatkan syok atau trauma (trauma healing).
.
www.dompetummat.or.id

Dompet Ummat, Jl. Karimata No. 2A

#DompetUmmat
#FriendsOfHumanity
#TraumaHealing
#Psikososial
#PontianakUpdate
#PontianakInformasi
#PontianakMedia
#Kebakaran