DEMI KELUARGA, SEMANGAT BELAJAR TETAP MEMBARA

Keterlibatan peran ibu sangat berarti bagi keluarga menuju kesejahteraan keluarganya. Dalam membantu suami seorang ibu perlu mempunyai keterampilan sebagai bekal hidup di rumah tangga.

Seperti halnya ibu Sapidah, wanita berusia 40 tahun ini merupakan salah satu penerima manfaat dalam program pemberdayaan yang diusung oleh Dompet Ummat yakni Program Pelatihan Menjahit yang ada di Desa Sumber Harapan, Kabupaten Sambas.

Bersama ibu-ibu rumah tangga lainnya, ibu Sapidah yang tinggal di Dusun Semberang 2, Desa Sumber Harapan ini terlihat tekun mengikuti tahap awal pelatihan menjahit, yakni mengenal dasar-dasar dalam menjahit hingga pembentukan pola pakaian.

Sehari-hari ibu Sapidah bekerja menoreh getah di kebun karet milik orang lain, sedangkan sang suami bekerja sebagai buruh serabutan di kampungnya, upah yang didapat dari hasil bekerja keduanya tersebut hanya cukup untuk makan sehari-hari, jika ingin memenuhi kebutuhan sekolah anak dan lain-lain, keduanya harus ekstra banting tulang mencari nafkah, namun ibu Sapidah dan keluarga tetap mensyukuri rejeki yang Allah berikan untuk keluarga mereka.

Sekitar 10 tahunan, sebenarnya ibu Sapidah sudah bisa menjahit, namun karena ketiadaan biaya untuk membeli mesin jahit ia tak bisa membuka usaha jasa jahitan sendiri dan membuat keterampilan menjahit ibu Sapidah kurang terasah, sesekali jika ingin menjahit baju ibu Sapidah menumpang di rumah tetangga yang memiliki mesin jahit, baju yang dijahit itupun hanya untuk pemakaian pribadi, bukan untuk dijual.

Ibu Sapidah merupakan salah satu peserta pelatihan yang memiliki semangat belajar yang tinggi, ia memiliki harapan besar untuk bisa membuka usaha jasa jahitan dan membantu sang suami dalam meningkatkan perekonomian keluarganya.

www.dompetummat.or.id

#DompetUmmat
#FriendsOfHumanity
#ProgramBerdaya
#PelatihanMenjahit
#PontianakUpdate
#PontianakInformasi
#PontianakMedia