Bantu Suma Berjalan Kembali

41 Paket Perlengkapan Sekolah Untuk Anak Yatim
January 29, 2018

Lalu Kusuma Wardana usianya baru 13 tahun namun sakit dibagian tulang belakangnya membuat ia tak dapat banyak beraktivitas dan bermain layaknya anak seumurannya. Jangankan berjalan, untuk merangkak dan berbaring saja ia tidak bisa. Untuk dapat tidur Suma (panggilan Lalu Kusuma) hanya bisa dengan posisi duduk sambil mendekap bantal yang setiap hari menemani istirahatnya.
Suma sempat menjalani pengobatan oleh almarhum ibu, tetangga dan orang terdekat. Ia juga sempat difoto scan dan hasilnya tulang belakangnya ada yang selisih tapi karena ketiadaan biaya pengobatannya tidak dilanjutkan.

Menurut informasi yang didapat peristiwa ini bermula ketika Suma pernah jatuh dari sepeda saat masih berumur 8 tahun menjelang kenaikan kelas 3, namun karena takut ia tidak memberitahukan kepada orang terdekatnya atas apa yang ia alami. Kemudian disekolah Suma sempat disenggol teman sekolahnya yang membuat kondisi Suma memburuk. Sekitar kurang lebih dua minggu setelah jatuh Suma sempat mengikuti ulangan kenaikan kelas, namun karena keadaannya semakin parah maka keluarga melarang Suma untuk kesekolah karena takut diganggu lagi oleh temannya, namun walaupun demikian ia masih bisa bermain disekitar rumahnya. Kondisinya semakin parah sejak setahun terakhir dengan timbulnya luka yang mengeluarkan lendir tapi tidak dirasakan sakit olehnya. Kondisi fisiknya juga menurun sehingga setahun terakhir hanya bisa duduk dan ditopang dengan tangan kirinya agar tegak sampai-sampai tangan kirinya bengkak dibagian siku.

Suma tinggal di Dusun Cahaya RT. 012 / RW. 006 Desa Pelimpaan Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas. Ia merupakan anak kedua dari pasangan Bapak Lalu Mohd Zaini dan Ibu Padilah. Ibunya meninggal sekitar 3 tahun lalu karena mengidap penyakit paru-paru sedangkan bapaknya meninggalkan keluarganya sejak Suma baru masuk sekolah. Dari kecil ia tinggal bersama nenek dan kakeknya hingga saat ini.

Melihat kondisi Suma tersebut pada hari Selasa, 16 Januari 2017 Dompet Ummat memberikan bantuan awal berupa asupan gizi buat Suma yang disalurkan oleh tim kami yang berada di Sambas.

Info terbaru saat ini Suma sudah dirawat di RSUD Sudarso dan sudah menunjukkan kemajuan yakni kaki Suma sudah bisa digerakkan dan sudah bisa tidur berbaring dan akan segera di rontgen untuk tindakan lebih lanjut.

Mari bantu Suma untuk meringankan biaya pengobatannya. Bantuan Anda sangat berarti untuk Suma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *